Cari Blog Ini

Jumat, 04 Februari 2011

Legenda Sepak Bola: Jonas Thern

Berita Bola. Salah satu generasi terbaik sepak bola Swedia hadir di Piala Eropa 1992 dan Piala Dunia 1994. Tim Biru-Kuning hadir menjadi semi finalis pada final Euro'92 yang diadakan di kandang sendiri. Sementara di AS dua tahun berikutnya, Swedia nyaris menjadi finalis sebelum akhirnya duduk di peringkat ketiga.

Swedia dalam dua turnamen besar tersebut memang lebih banyak mencuatkan nama Martin Dahlin, Thomas Brolin, Henrik Larsson, atau Kennet Andersson. Tapi, andil penting juga diberikan kepada gelandang Jonas Thern.

Pemain kelahiran Fallkoping 20 Mei 1967 ini merupakan kapten Swedia yang sangat paten. Dia bergabung dengan timnas pada 1987 dan tiga tahun kemudian mulai menjabat kapten tim hingga 1997. Sepanjang rentang waktu itu, ia tampil 75 kali dan mencetak 6 gol.

Sementara, di level klub, legenda kelahiran 20 mei 1967 ini melewati musim terbaik bersama Benfica dengan menjuarai Liga Portugal 1991. sayang, ketika hijrah ke Italia dengan memperkuat Napoli dan AS Roma, prestasi Jonas Thern mulai meredup karena sering dibekap cedera.

Karirnya berakhir pada 1999 di klub Skotlandia, Rangers. Setelah pensiun dia sempat mengarsiteki klub asalnya IFK Varnamo disusul Halmstad BK periode 2002/03. Pemain terbaik Swedia 1989 itu kemudian menjadi komentator sepak bola dan mengajar. Namun belakangan ini dia kembali menjadi manajer IFK Varnamo yang bermain di Divisi 1 Swedia.

Kini namanya masuk bursa calon pelatih timnas Swedia U-21. Sosok Jonas Thern dinilai paling cocok mengisi jabatan tersebut mengingat namanya yang sudah mengakar di sepak bola Swedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar