Cari Blog Ini

Jumat, 04 Februari 2011

Tokoh Legenda: Colin Hendry

Berita Bola. Seperti semboyan Blackburn Rovers, "Oleh Karya dan Kerja Keras", begitulah Colin Hendry menunaikan tugas sebagai bek tengah klub asal barat laut Inggris itu. Pemain kelahiran Keith, Scotlandia, 7 Desember 1965 itu melalui dua periode di Blackburn, pertama pada kompetisi 1987-89 dan kedua pada 1991-98.

Colin Hendry yang memulai karir sebagai penyerang Dundee United, bahu membahu bersama Alan Shearer cs mempersembahkan trofi Liga Inggris kompetisi 1994/95.

Colin Hendry kemudian meninggalkan Rovers usai Piala Dunia 1998 dan kembali ke Scotlandia membela Rengers. Disana ia mempersembahkan 3 gelar jura domestik bersama Rangers.

Selain itu, Pemain Terbaik Liga Inggris 1989-90 ini sempat ke Inggris pada tahun 2000. Selama tiga tahun, Hendry gonta-ganti kostum empat klub (Coventry City, Bolton Wanderers, Preston North End, dan Blackpool).

Akhirnya Colin Hendry pensiun pada tahun 2003 setelah menyelesaikan lebih dari 500 pertandingan liga dan 50 cap bagi tim nasional Scotlandia. Ia memiliki rekor 44 gol sekalipub berstatus sebagai pemain bertahan. Hendry memang bek yang rajin membantu serangan dan algojo tendangan bebas yang andal.

Usai pensiun, Colin Hendry menjajaki karir pelatih ketika ditunjuk mengasuh Blackpool. Tapi, hanya setahun menjabat, Hendry dipecat. Pada September 2006, ia bergabung dengan Boston United sebagai asisten manajer dan sembilan kemudian menjadi manajer klub Scotlandia, Clyde.

Tak lama berselang, ayah empat anak ini mengundurkan diri menyusul kondisi kesehatan istrinya, Denise, yang memburuk dan meninggal pada Juli 2009. Lebih tragis lagi setahun kemudian atau akhir Juni 2010, Hendry dinyatakan bangkrut oleh pengadilan. Utangnya menumpuk diduga akibat aktivitasnya bermain judi online dan tunggakan pajak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar